Konvensional Syariah Prioritas Prospera Tentang BTN
Hubungan Investor PPID Karir |
  • EN
  • ID
Logo BTN
  • Tentang Kami
  • Hubungan Investor

      • Menu Ringkasan

    • Informasi Saham

      • Struktur Kepemilikan Saham

    • Laporan & Presentasi Perusahaan

      • Laporan Perusahaan

      • Presentasi Perusahaan

    • Housing Index & Analisa Makro

      • BTN Housing Index

      • Perkembangan Makro Ekonomi

    • Informasi Investor

      • Pedoman Kebijakan Hubungan Investor

      • Prospektus Penawaran Umum

      • Keterbukaan Informasi Publik dan/atau Fakta Material

    • RUPS

      • Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

      • Panduan eASY KSEI

  • Tata Kelola

    • Penilaian Sendiri dan Laporan CGC

      • Laporan GCG

      • Penilaian Sendiri

      • Struktur Organisasi

      • Pengendalian FRAUD

    • Anggaran Dasar & Budaya Perusahaan

      • Anggaran Dasar Perusahaan

      • Budaya Perusahaan

      • Kebijakan Tata Kelola Perusahaan

      • Manajemen

    • Kartu Skor Tata Kelola Perusahaan ASEAN

      • Part A - Rights and Equitable Treatment of Shareholders

      • Part B - Sustainability and Resilience

      • Part C - Disclosure and Transparency

      • Part D - Responsibility of the Board

      • Bonus - Level 2 Bonus Item

  • ESG

    • ESG Framework

      • ESG Framework

      • ESG Signatory

      • Kerangka Keuangan Berkelanjutan

    • ESG Dashboard

      • Environment

      • Social

      • Governance

    • ESG Initiatives

      • ESG Initiatives

    • ESG Transparency and Disclosure

      • Environmental

      • Social

      • Governance

    • ESG Commitment

      • Produk Investasi dan Transaksi

      • Komitmen Keberlanjutan Manajemen

    • ESG Event

      • Event

  • Galeri BTN

      • Informasi & Berita Terkini

      • Artikel

      • Penghargaan & Sertifikasi

      • Pengumuman

    • cash

      Cash Management

    • Internet

      Internet Banking

    • bisnis

      Bale Korpora

individu
Profil

Hubungi Kami

150286 1500286 +62 87771500286 @bankbtn @bankbtn @btn @btn @bankbtn PT Bank Tabungan Negara

Informasi Simulasi

Simulasi

converter E-Konventer Hitungan Kurs Deposit Simulasi Deposito Kredit Simulasi Kredit Konsumer
arrow Service Rates panah SBDK

Temukan yang Anda Butuhkan

Lokasi Cabang

EN | ID |

Saya sedang mencari layanan

banner konvensional
Konvensional
banner syariah
Syariah
banner prioritas
Prioritas
banner konvensional
Prospera
banner about
Tentang BTN
Hubungan Investor PPID Karir

Sahabat Keluarga Indonesia

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. berkomitmen melayani dan menyediakan tiga produk utama: perbankan perseorangan, bisnis, dan syariah

vision

Visi Kami

Mitra utama dalam pemberdayaan finansial keluarga Indonesia

Misi Kami

  • Menjadi mitra utama pemerintah dalam inklusi perumahan dan keuangan

  • Memberikan customer experience terbaik melalui layanan digital dan finansial yang terintegrasi

  • Meningkatkan shareholder value dengan pertumbuhan profitabilitas yang berkelanjutan

  • Menjadi rumah bagi talent terbaik Indonesia

  • Menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik dan inovasi bisnis berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan

purpose

Maksud dan Tujuan Perusahaan

Melakukan usaha di bidang Perbankan serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perusahaan/Perseroan untuk menghasilkan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapat/mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perusahaan/Perseroan dengan menerapkan prinsip Perseroan Terbatas.

(Anggaran Dasar Pasal 3 Ayat 1)

Fungsi dan Tugas Kami

Sebagai penghimpun dan penyalur dana Masyarakat

(UU No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan)

Permodalan

  • Modal Dasar Rp10.239.216.000.000,00 atau 20.478.432.000 lembar saham

  • Modal Ditempatkan Rp7.017.222.206.500,00 atau 14.034.444.413 lembar saham

  • Modal Disetor Rp7.017.222.206.500,00 atau 14.034.444.413 lembar saham

(Anggaran Dasar, Pasal 4)

Nilai Budaya Perusahaan

Akhlak
K

Kompeten

Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas
H

Harmonis

Saling peduli dan menghargai perbedaan
L

Loyal

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
A

Adaptif

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan
K

Kolaboratif

Membangun kerja sama yang sinergis
A

Amanah

Memegang teguh kepercayaan yang ada

Amanah

Memegang teguh kepercayaan yang ada

Kompeten

Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas

Harmonis

Saling peduli dan menghargai perbedaan

Loyal

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara

Adaptif

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan

Kolaboratif

Membangun kerja sama yang sinergis
Lihat Panduan Perilaku AKHLAK

Sejarah Kami

banner-sejarah-btn

2023

Best Campaign Banking & Finance

Bank BTN meraih Gold Winner Mob-Ex Awards 2023 untuk kategori Best Campaign Banking & Finance di Asia dan Oseania dalam ajang Mob-Ex Awards 2023 sebagai bukti kepercayaan masyarakat kepada Bank BTN. 

1897

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (“Perseroan”) diawali dengan berdirinya Postspaarbank.

1897

1942

1950

1963

1974

1989

1994

2002

2009

2021

2023

2024

1897 PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (“Perseroan”) diawali dengan berdirinya Postspaarbank.
1942 Postspaarbank diambil alih oleh Pemerintah Jepang dan berubah nama menjadi Tyokin Kyoku atau Kantor Tabungan.
1950 Pemerintah Republik Indonesia mengubah nama Tyokin Kyoku menjadi Bank Tabungan Pos berdasarkan Undang-undang Darurat No. 9 Tahun 1950 tanggal 9 Februari 1950.
history
1963 Perubahan nama Bank Tabungan Pos menjadi Bank Tabungan Negara berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 4 tahun 1963.
history
1974 Pemerintah menunjuk Perseroan sebagai satu-satunya institusi yang menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), sejalan dengan Program Pemerintah yang tengah menggalakkan program perumahan untuk rakyat.
1989 Pada tanggal 29 April 1989, Bank mulai beroperasi sebagai bank umum milik negara.
history
1994 Pada tahun 1994, Berdasarkan surat keputusan Direksi Bank Indonesia No. 27/55/KEP/DIR tanggal 23 September 1994, Perseroan mendapatkan izin operasi sebagai Bank Devisa.
history
2002 Perseroan mendapatkan izin operasi sebagai Bank Devisa dan selanjutnya Perseroan ditunjuk sebagai Bank komersial yang fokus pada pembiayaan rumah pada tahun 2002.
history
2009 Pada tahun 2009, Perseroan melakukan sekuritisasi KPR pertama di Indonesia. Perseroan melakukan sekuritisasi aset melalui pencatatan transaksi Kontrak Investasi Kolektif - Efek Beragun Aset (KIK-EBA), lalu pada 17 Desember 2009 melakukan Penawaran Umum Saham Perdana/Initial Public Offering (IPO) dan listing di Bursa Efek Indonesia.
history
2021 Berkat kepercayaan masyarakat dan pemerintah, kami mendapatkan penghargaan sebagai Peringkat 1 Bank Terbaik Indonesia 2017 pada Anugerah Perbankan Indonesia VI 2017.
history
2023 Bank BTN meraih Gold Winner Mob-Ex Awards 2023 untuk kategori Best Campaign Banking & Finance di Asia dan Oseania dalam ajang Mob-Ex Awards 2023 sebagai bukti kepercayaan masyarakat kepada Bank BTN.
history
2024 PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) meluncurkan logo baru sebagai simbol keberhasilan dan komitmen perseroan dalam melanjutkan transformasi menjadi Bank yang lebih modern dan adaptif dalam menghadapi digitalisasi.
banner-logo-baru

Kegiatan Usaha

Melakukan usaha di bidang Perbankan serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapat/mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

activity 1

KPR dan Perbankan

Produk kredit konsumer terbagi menjadi empat yaitu KPR Bersubsidi, KPR Non Subsidi, Kredit Perumahan lainnya dan Kredit Konsumer Produk simpanan juga terbagi menjadi tiga yaitu Giro, Tabungan dan Deposito.

  1. 1

    Kredit Pemilikan Rumah

    Menyediakan layanan pembiayaan yang dijamin dengan jaminan berupa rumah atau hunian yang telah ditentukan. Mortage digunakan oleh individu dan bisnis untuk melakukan pembelian real estate besar tanpa membayar seluruh nilai pembelian di depan.

  2. 2

    Consumer Loan

    Memberikan layanan untuk pembiayaan konsumer dan personal loan yang dipergunakan untuk keperluan konsumtif serta untuk pengembangan bisnis consumer loan dari value chain perumahan

  3. 3

    Consumer Funding

    Memberikan layanan produk dana dan jasa yang berorientasi pada nasabah individual serta untuk pengembangan bisnis wealth management.

activity 2

Kegiatan Usaha Syariah

Produk kredit konsumer terbagi menjadi empat yaitu KPR Bersubsidi, KPR Non Subsidi, Kredit Perumahan lainnya dan Kredit Konsumer Produk simpanan juga terbagi menjadi tiga yaitu Giro, Tabungan dan Deposito.

activity 3

Treasury dan Asset Management

Produk kredit konsumer terbagi menjadi empat yaitu KPR Bersubsidi, KPR Non Subsidi, Kredit Perumahan lainnya dan Kredit Konsumer Produk simpanan juga terbagi menjadi tiga yaitu Giro, Tabungan dan Deposito.

Manajemen

Identitas Perusahaan

Prestasi & Sertifikasi

desk
03 Jun 2024 Internasional

Gold Award dalam Kategori Corporate Governance & Investor Relation

award
desk
13 Mei 2023 Internasional

Gold Award dalam Kategori Corporate Governance & Investor Relation

award
desk
10 Mei 2023 Internasional

ASEAN GRC Awards Winner dalam Kategori

desk
10 Apr 2023 Nasional

Best Financial Sector

desk
03 Jun 2024 Internasional

Gold Award dalam Kategori Corporate Governance & Investor Relation

award
desk
13 Mei 2023 Internasional

Gold Award dalam Kategori Corporate Governance & Investor Relation

award
desk
10 Mei 2023 Internasional

ASEAN GRC Awards Winner dalam Kategori

desk
10 Apr 2023 Nasional

Best Financial Sector

Lihat Semua

Informasi & Berita Terkini

Lihat Semua
Berita

Gandeng Dewan Masjid Indonesia, BTN Dukung Inklusi Keuangan Lewat Solusi Digital

22 Mei 2025

Berita

Jelang Spin Off, BTN Syariah Kembali Raih Penghargaan Internasional Best Islamic Bank 2025

21 Mei 2025

Berita

Dukung Asta Cita Kesetaraan Gender, BTN Dorong Pemberdayaan Perempuan

14 Mei 2025

Berita

BTN Dukung Pembiayaan Rumah bagi Karyawan Industri Media

07 Mei 2025

Kantor Pusat

Menara BTN Jl. Gajah Mada No. 1 Jakarta 10130 150286 1500286
BTN Call

Pusat Bantuan

Layanan Pengaduan FAQ

Ekosistem Digital

BTN Properti Rumah Murah BTN Smart Residence balé by BTN

Panduan Dan Informasi

Ketentuan Penggunaan Kebijakan Privasi Procurement Sitemap Security Awareness

BTN berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan LPS.
Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar.
Untuk mengetahui Tingkat Bunga Penjaminan silakan akses di sini.