Conventional Sharia Priority Prospera About BTN
Investor Relation PPID Career |
  • EN
  • ID
logo
  • About Us
  • Investor Relation

      • Summary Menu

    • Stock Information

      • Share Ownership Structure

    • Company Reports & Presentations

      • Company Report

      • Company Presentation

    • Housing Index & Macro Analysis

      • BTN Housing Index

      • Development of Macroeconomics

    • Investor Information

      • Investor Relations Policy Guidelines

      • Public Offering Prospectus

      • Disclosure of Public Information and/or Material Facts

    • RUPS

      • General Meeting of Shareholders (GMS)

      • eASY KSEI Guidance

  • Governance

    • Self-Assessment and CGC Report

      • GCG Report

      • Self-Assessment

      • Organizational Structure

      • FRAUD Controlling

    • Articles of Association & Company Culture

      • Company's Articles of Association

      • Corporate Culture

      • Corporate Governance Policy

      • Management

    • ASEAN Corporate Governance Score Card

      • Part A - Rights and Equitable Treatment of Shareholders

      • Part B - Sustainability and Resilience

      • Part C - Disclosure and Transparency

      • Part D - Responsibility of the Board

      • Bonus - Level 2 - Bonus

  • ESG

    • ESG Framework

      • ESG Framework

      • ESG Signatory

      • Sustainable Finance Framework

    • ESG Dashboard

      • Environment

      • Social

      • Governance

    • ESG Initiatives

      • ESG Initiatives

    • ESG Transparency and Disclosure

      • Environmental

      • Social

      • Governance

    • ESG Commitment

      • Investment Products and Transaction

      • Management Sustainability Commitment

    • ESG Event

      • Event

  • BTN Gallery

      • Latest Information & News

      • Article

      • Awards & Certifications

      • Announcement

  • I Want To Login

    • cash

      Cash Management

    • Internet

      Internet Banking

    • Internet

      Bale Korpora

icon-individu
Profile

Contact Us

150286 1500286 +62 87771500286 @bankbtn @Facebook @btn @btn @bankbtn PT Bank Tabungan Negara

Simulation & Information

Simulation

Converter E-Converter Kurs Calculation Deposit Deposit Simulation Credit Consumer Credit Simulation
panah Service Rates arrow SBDK

Find What You Need

Lokasi Cabang

EN | ID |

Saya sedang mencari layanan

Conventional
Conventional
Syaria
Sharia
Priority
Priority
Conventional
Prospera
banner mobile about
About BTN
Investor Relation PPID Career
Back

Gandeng Dewan Masjid Indonesia, BTN Dukung Inklusi Keuangan Lewat Solusi Digital

News
22 May 2025
.

Share It

JAKARTA – Seiring dengan aspirasi menjadi bank transaksional pilihan masyarakat, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) secara konsisten membuka akses perbankan dan keuangan kepada semua orang melalui inovasi digital.

Terbaru, BTN menyediakan layanan donasi digital di masjid seluruh Indonesia melalui sistem QRIS dan mengajak para pengurus masjid untuk menikmati manfaat bertransaksi digital melalui Super App Bale by BTN. Hal ini diimplementasikan melalui penandatanganan MOU antara Dewan Masjid Indonesia dengan BTN di Jakarta, Sabtu, 17 Mei 2025 lalu.

SEVP Digital Business BTN Thomas Wahyudi mengatakan, BTN mendukung inklusi keuangan untuk seluruh masyarakat. Dalam hal ini, BTN sepakat bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk memberdayakan umat serta pengurus masjid melalui penandatanganan kerja sama.

“BTN berkomitmen menghadirkan solusi keuangan yang inklusif dan membuka kesempatan bagi semua orang untuk memberdayakan diri dan keluarga mereka. Dengan adanya kerja sama ini, para pengurus masjid dapat menikmati berbagai produk dan layanan perbankan yang tersedia di BTN, hanya dengan mengakses Super App Bale by BTN. Kami berharap pengelolaan keuangan pribadi para pengurus masjid, serta administrasi masjid yang mereka kelola menjadi lebih efisien dan tertata,” ujar Thomas dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/05).

Thomas menjelaskan, kerja sama dengan DMI meliputi sejumlah produk dan layanan. Pertama, umat yang beribadah di masjid dapat memberikan donasi (infaq/sedekah) secara digital melalui scan QRIS yang tersedia di kotak-kotak amal masjid. Layanan QRIS tersebut juga tersedia di aplikasi Bale by BTN.

Untuk memudahkan para pengurus masjid mengelola donasi tersebut, BTN membantu mereka membuka tabungan BTN melalui aplikasi Bale by BTN tanpa harus datang ke kantor cabang.

BTN juga membantu pemberdayaan finansial para pengurus masjid dengan menawarkan program Agen BTN. Dengan menjadi nasabah BTN, pengurus masjid dapat menjadi agen BTN yang menyediakan berbagai layanan transaksi, seperti pembayaran tagihan KPR, listrik, telepon, pulsa, zakat, infaq serta sedekah. “Program keagenan ini dapat menjadi pemasukan tambahan bagi takmir masjid,” ujar Thomas.

Selain itu, sebagai bank yang memiliki keahlian di pembiayaan sektor perumahan, BTN turut menyediakan layanan pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) atau pembiayaan kepemilikan rumah dengan skema subsidi bagi para takmir masjid. Diharapkan, para pengurus masjid dapat memiliki rumah impian yang layak, aman, nyaman, dan terjangkau sesuai dengan segmen mereka yang termasuk segmen pekerja informal.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DMI Jusuf Kalla mengatakan pentingnya masjid-masjid di Indonesia untuk memaksimalkan fungsi dan perannya dalam memajukan perekonomian umat. Dengan adanya kerja sama antara DMI dan BTN, masjid-masjid di Indonesia diharapkan dapat menjadi pusat pemberdayaan ekonomi bagi umat Islam.

Pada tahap pertama, BTN berharap sekitar 50.000 masjid per tahunnya dapat merasakan manfaat dari kerja sama digital dengan DMI.

Hingga akhir kuartal I-2025, jumlah pengguna Super App Bale by BTN telah mencapai 2,4 juta dengan nilai transaksi yang mencapai Rp22,3 triliun. BTN optimis pada akhir tahun 2025 dapat mencapai target jumlah pengguna Bale by BTN di kisaran 3,6 juta hingga 4 juta user.

“Kerja sama solusi keuangan bersama DMI ini sejalan dengan upaya BTN menggenjot pendanaan murah dan berkelanjutan melalui transaksi digital mulai tahun ini. Super App Bale by BTN menawarkan berbagai fitur dan layanan transaksional yang bersaing tanpa harus berpindah-pindah aplikasi,” pungkas Thomas.

T.t.d
Ramon Armando
Corporate Secretary
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
Phone 021 633 6789, email csd@btn.co.id


Writen By

sekretaris

Ramon Armando

Corporate Secretary PT Bank Tabungan Negara Persero) Tbk | Csd@btn.co.id

Share It

recall banner

Gandeng Dewan Masjid Indonesia, BTN Dukung Inklusi Keuangan Lewat Solusi Digital

Other Announcement

Konstruksi
Pengadaan Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) Pekerjaan Pembangunan Gedung KC Bandung Timur

21 May 2025

Konstruksi
Pengadaan Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) Pembangunan Kantor Cabang Jababeka

19 May 2025

Non IT
Pengadaan Jasa Kontraktor Renovasi KCP Cerme Lor - KC Gresik

16 May 2025

Non IT
Pengadaan Jasa Konsultan Design and Implementation Support for Enterprise Finance System (EFS)

15 May 2025

Konstruksi
Pengadaan Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) Pekerjaan Pembangunan Gedung KC Bandung Timur

21 May 2025

Konstruksi
Pengadaan Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) Pembangunan Kantor Cabang Jababeka

19 May 2025

Non IT
Pengadaan Jasa Kontraktor Renovasi KCP Cerme Lor - KC Gresik

16 May 2025

Non IT
Pengadaan Jasa Konsultan Design and Implementation Support for Enterprise Finance System (EFS)

15 May 2025

Head Office

Menara BTN Jl. Gajah Mada No. 1 Jakarta 10130 150286 1500286
BTN Call

Help Center

Complaint Service FAQ

Digital Ecosystem

BTN Properti Rumah Murah BTN Smart Residence balé by BTN

Guidance & Information

Term & Condition Privacy Policy Procurement Sitemap Security Awareness

BTN is licensed and supervised by the Financial Services Authority (OJK) & Bank Indonesia and is a member of the Deposit Insurance Corporation (LPS) guarantee.
The maximum deposit value guaranteed by LPS per customer per bank is IDR 2 billion.
To find out the Guaranteed Interest Rate, please access here.