“Kami berharap dengan sinergi yang terjalin antara BTN dengan Amartha, akses UMKM terhadap pembiayaan BTN semakin mudah dan luas,” kata Direktur SME dan Retail Funding BTN, Muhammad Iqbal di Jakarta, Rabu (16/10).
BTN berharap kolaborasi dengan Amartha dapat mendekatkan BTN dengan pelaku UMKM khususnya pada segmen ultra mikro yang belum tersentuh akses perbankan. “Mitra BTN tidak hanya pengembang tapi juga para pelaku industri dari skala besar hingga UMKM yang bergerak di industri yang terlibat di properti, mulai dari toko material, toko cat, produsen genteng, batu bata, mebel bahkan kuli bangunan dan lain sebagainya, yang semuanya membutuhkan akses ke pembiayaan yang mudah dan murah.
Untuk itu, Iqbal menambahkan dalam rangka implementasi ESG, BTN menggandeng Amartha yang mendukung pelaku UMKM perempuan. “Mereka adalah perempuan yang ingin berkembang dan berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga sehingga sangat layak untuk kita dukung,” katanya.
Hadir dalam penandatangan PKS Kepala Divisi SME Banking BTN, Roganda Sahat Mangapul Siahaan, Direktur serta Chief Funding Officer Amartha, Julie Fauzie.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Divisi SME Banking, Roganda Sahat Mangapul Siahaan menyampaikan bahwa kredit channeling akan terus dikembangkan BTN, khususnya dengan mitra fintech lending lainnya. “Tren pembiayaan yang diminati masyarakat sekarang adalah pinjaman dengan platform fintech lending seiring makin pesatnya penggunaan aplikasi di ponsel dan internet saat ini, sehingga BTN melalui sinergi dan kolaborasi dengan Amartha dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk pengembangan pembiayaan ke UMKM,” katanya.
Amartha merupakan perusahaan teknologi keuangan mikro yang fokus pada pemberdayaan segmen akar rumput dengan prinsip keberlanjutan. Julie Fauzie selaku Chief Funding Officer Amartha mengatakan, “Amartha memiliki teknologi risk-profiling berbasis AI yang didesain berdasarkan kebutuhan UMKM akar rumput untuk memitigasi risiko secara prudent. Kami juga memberikan intervensi berupa pendampingan bagi UMKM oleh 9,000 lebih tenaga lapangan yang tersebar di seluruh wilayah operasional Amartha. Kami optimis kolaborasi dengan
perbankan kredibel seperti BTN khususnya di sektor pembiayaan produktif, dapat mengakselerasi ekonomi dan kesejahteraan UMKM di pelosok Indonesia”.
Berdiri sejak tahun 2010 hingga saat ini, Amartha telah menyalurkan permodalan senilai lebih dari 23 Triliun rupiah kepada lebih dari 2,6 juta UMKM di Indonesia. Selain itu, Amartha juga telah menjalin kolaborasi kepada lebih dari 35 institusi di dalam dan luar negeri.
===SELESAI===
Tentang BTN
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau (BTN), yang berdiri sejak 9 Februari 1950, telah menjadi pionir dalam membantu masyarakat Indonesia memiliki rumah impian. Sebagai bank pertama yang meluncurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada 10 Desember 1976, BTN memegang peran penting dalam memperluas akses kepemilikan rumah bagi jutaan keluarga. Fokus utama BTN pada sektor properti menjadikannya mitra utama pemerintah dalam mengembangkan ekosistem perumahan yang layak dan terjangkau.
Sebagai “One Stop Financial Solution,” BTN menyediakan layanan finansial lengkap yang meliputi tabungan, kredit, dan beragam solusi pemenuhan kebutuhan finansial lainnya. Melalui aplikasi BTN Mobile, BTN juga mempermudah akses transaksi perbankan dengan fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan, memberi kemudahan bagi nasabah untuk mengelola keuangan secara praktis. BTN terus berinovasi untuk mendukung kesejahteraan finansial masyarakat dengan solusi yang menyeluruh dan terintegrasi dalam satu layanan.
Kontak Media BTN:
Dodiek Agoeng S
Head of Communication Department BTN
csd@btn.co.id
Tentang Amartha
Amartha didirikan pada 2010 sebagai perusahaan microfinance. Pada tahun 2016 Amartha bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial dan memiliki izin di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Amartha merupakan prosperity platform dengan misi menghadirkan layanan keuangan digital inklusif kepada komunitas akar rumput dan dunia melalui teknologi, inklusivitas, dan keberlanjutan. Amartha telah menyalurkan modal kerja lebih dari 23 triliun rupiah kepada lebih dari 2.6 juta UKM yang dipimpin perempuan di Indonesia.
Amartha membawa konsep baru tentang pinjam-meminjam uang. Bagi pelaku UMKM di pedesaan yang belum terlayani oleh layanan keuangan, Amartha memberikan akses permodalan. Bagi pendana, platform Amartha mewakili UMKM sebagai alternatif instrumen investasi yang menguntungkan dan berdampak. Bagi desa, Amartha hadir memperkuat ekonomi informal, mengurangi ketimpangan pendapatan, dan mengentaskan kemiskinan.
Saat ini Amartha didukung oleh 9.000+ karyawan A-Team yang #LangsungBerdampak dan terus membuka beberapa posisi, klik amartha.com/karir untuk meraih potensi terbaik bersama Amartha.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.amartha.com atau dapat mengunduh aplikasi Amartha melalui Google Play Store untuk android dan App Store untuk iOS.
Kontak Media Amartha:
Shiva Vinneza
Public Relations Lead Amartha
+628 22 9922 9012
shiva.vinneza@amartha.com