Adapun fitur anyar yang bakal diluncurkan yakni BTN Kita, Home Service dan KAI pada fitur Lifestyle, serta menu terkait tagihan autodebet nasabah yaitu Transaksi BulananKu.
"Latar belakang peluncuran keempat fitur tersebut adalah dinamika kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat serta terintegrasi dengan aplikasi mobile bankingnya. Sehingga segala kebutuhan dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi outlet atau Kantor Cabang terdekat," kata Direktur Utama Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu dalam keterangan tertulis, Kamis (21/12/2023).
Sementara itu, Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto menjelaskan lewat inovasi tersebut para nasabah bisa melakukan sejumlah transaksi seperti top up kredit hingga pengajuan pinjaman dana segar.
"Kami memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan Top Up Kredit ataupun pengajuan pinjaman dana segar (fresh fund) melalui fitur BTN Kita. Sebelum melakukan pengajuan, nasabah juga akan mendapatkan Pre-Approval. Fitur BTN Kita hadir agar masyarakat dapat dengan mudah memproses pengajuan pinjaman hingga pencairan yang mana semua prosesnya bisa dilakukan hanya dengan aplikasi BTN Mobile," jelasnya.
Selain itu, pada halaman detail penawaran BTN Kita, nasabah akan mendapatkan informasi plafon kredit, suku bunga, angsuran dan jangka waktu kredit. Apabila pengajuan disetujui, nasabah akan mendapat notifikasi bahwa pengajuan BTN Kita telah dicairkan ke rekening nasabah.
"Sementara itu, fitur Home Service dan KAI adalah 2 fitur baru yang disematkan pada kategori 'Lifestyle' yang dihadirkan untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran layanan maintenance rumah (tahap awal service AC), serta pemesanan dan pembayaran tiket kereta api, tanpa perlu membuka aplikasi lain," ungkap Andi.
Dia menjelaskan bahwa fitur Home Service bekerja sama dengan third party yaitu Sejasa untuk meningkatkan layanan digital yang semakin komprehensif dalam konteks ekosistem rumah.
Selain itu pihaknya juga menghadirkan fitur KAI untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah yang ingin melakukan pembayaran tiket kereta api. Sebab melalui BTN Mobile maka para nasabah bisa langsung melakukan pembayaran tiket kereta tanpa membuka aplikasi lainnya.
"Fitur ini merupakan sinergi kami dengan PT KAI. Selanjutnya pada fitur 'Transaksi BulananKu' nasabah akan dengan mudah melakukan transaksi Auto-Debit yang telah dijadwalkan sebelumnya," tuturnya.
Selain itu, fitur tersebut juga mempermudah pembayaran tagihan listrik, telepon, internet dan TV. Para nasabah juga bisa melakukan transaksi seperti pembelian pulsa, paket data, top up e-wallet, dan voucher elektronik.
"Hingga bulan Desember ini, jumlah transaksi BTN mobile sudah melonjak di atas 142 persen secara yoy, sementara volume transaksi juga meningkat hingga 53 persen yoy," jelasnya.
"Event yang kami selenggarakan, program akuisisi nasabah baru, serta program-program promo yang kami gelar, terbilang sukses mendongkrak nasabah dan user experience nasabah terhadap BTN Mobile," sambung Andi.
Dia menjelaskan di tahun 2024, pihaknya bakal lebih agresif dalam mengembangkan fitur transaksi dan pemasaran produk bank lewat BTN Mobile.
"Ke depan, kami akan terus mengembangkan fitur-fitur baru, seperti penjualan produk investasi, fitur transaksi Remittance Internasional, dan fitur-fitur lain guna memfasilitasi segala kebutuhan digital masyarakat Indonesia, khususnya untuk memperkuat digital ekosistem perumahan BTN," tutupnya.
"Latar belakang peluncuran keempat fitur tersebut adalah dinamika kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat serta terintegrasi dengan aplikasi mobile bankingnya. Sehingga segala kebutuhan dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi outlet atau Kantor Cabang terdekat," kata Direktur Utama Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu dalam keterangan tertulis, Kamis (21/12/2023).
Sementara itu, Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto menjelaskan lewat inovasi tersebut para nasabah bisa melakukan sejumlah transaksi seperti top up kredit hingga pengajuan pinjaman dana segar.
"Kami memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan Top Up Kredit ataupun pengajuan pinjaman dana segar (fresh fund) melalui fitur BTN Kita. Sebelum melakukan pengajuan, nasabah juga akan mendapatkan Pre-Approval. Fitur BTN Kita hadir agar masyarakat dapat dengan mudah memproses pengajuan pinjaman hingga pencairan yang mana semua prosesnya bisa dilakukan hanya dengan aplikasi BTN Mobile," jelasnya.
Selain itu, pada halaman detail penawaran BTN Kita, nasabah akan mendapatkan informasi plafon kredit, suku bunga, angsuran dan jangka waktu kredit. Apabila pengajuan disetujui, nasabah akan mendapat notifikasi bahwa pengajuan BTN Kita telah dicairkan ke rekening nasabah.
"Sementara itu, fitur Home Service dan KAI adalah 2 fitur baru yang disematkan pada kategori 'Lifestyle' yang dihadirkan untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran layanan maintenance rumah (tahap awal service AC), serta pemesanan dan pembayaran tiket kereta api, tanpa perlu membuka aplikasi lain," ungkap Andi.
Dia menjelaskan bahwa fitur Home Service bekerja sama dengan third party yaitu Sejasa untuk meningkatkan layanan digital yang semakin komprehensif dalam konteks ekosistem rumah.
Selain itu pihaknya juga menghadirkan fitur KAI untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah yang ingin melakukan pembayaran tiket kereta api. Sebab melalui BTN Mobile maka para nasabah bisa langsung melakukan pembayaran tiket kereta tanpa membuka aplikasi lainnya.
"Fitur ini merupakan sinergi kami dengan PT KAI. Selanjutnya pada fitur 'Transaksi BulananKu' nasabah akan dengan mudah melakukan transaksi Auto-Debit yang telah dijadwalkan sebelumnya," tuturnya.
Selain itu, fitur tersebut juga mempermudah pembayaran tagihan listrik, telepon, internet dan TV. Para nasabah juga bisa melakukan transaksi seperti pembelian pulsa, paket data, top up e-wallet, dan voucher elektronik.
"Hingga bulan Desember ini, jumlah transaksi BTN mobile sudah melonjak di atas 142 persen secara yoy, sementara volume transaksi juga meningkat hingga 53 persen yoy," jelasnya.
"Event yang kami selenggarakan, program akuisisi nasabah baru, serta program-program promo yang kami gelar, terbilang sukses mendongkrak nasabah dan user experience nasabah terhadap BTN Mobile," sambung Andi.
Dia menjelaskan di tahun 2024, pihaknya bakal lebih agresif dalam mengembangkan fitur transaksi dan pemasaran produk bank lewat BTN Mobile.
"Ke depan, kami akan terus mengembangkan fitur-fitur baru, seperti penjualan produk investasi, fitur transaksi Remittance Internasional, dan fitur-fitur lain guna memfasilitasi segala kebutuhan digital masyarakat Indonesia, khususnya untuk memperkuat digital ekosistem perumahan BTN," tutupnya.