JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) optimistis akan memenangkan ketatnya persaingan digital banking.
Melalui proses transformasi digital yang sedang mereka persiapkan, BTN akan menjelma menjadi bank terbaik di segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.
Salah satu kekuatan BTN yang akan mengguncang pasar yakni SuperApp BTN Mobile, yang rencananya akan dirilis awal 2023.
Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengklaim kemunculan SuperApp BTN Mobile nantinya akan membuat perseroan memiliki pelayanan yang lebih baik berkat pemanfaatan teknologi digital.
"Kuncinya kalau masuk digitalisasi tidak cukup dari sisi atau faktor solusi teknologinya saja, tetapi kami harus memiliki kekuatan ekosistem. Konsep solusi digital kami melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi dan kekuatan ekosistem. Ini lah yang akan didorong menjadi pembeda kami," ujar Andi.
“Untuk memanjakan para nasabah Bank BTN. Dalam HUT ke-73 ini, kami menggelar berbagai promo dan diskon di merchant-merchant terkenal. Pokoknya jangan lewatkan promo-promo yang akan bikin nasabah ketagihan,” ujar Corporate Secretary Bank BTN Achmad Chaerul di Jakarta, Selasa (7/2).
Chaerul mengatakan, salah satu promo yang diminati para nasabah adalah Serba Rp 7.300,- Dengan promo ini nasabah hanya membayar Rp 7.300,- dengan kartu debit Bank BTN untuk makanan atau minuman di merchant-merchant antara lain KFC, Es Teller 77, Shihlin dan Chatime.
Ditambah lagi, untuk promo / reward lainnya, nasabah juga dapat menggunakan transaksi QRIS melalui BTN Mobile pada merchant – merchant pilihan.
Andi menambahkan, saat ini persaingan mobile banking di industri perbankan nasional, memang cukup ketat bahkan fungsi-fungsi dasar seperti payment (pembayaran) seperti pembayaran listrik, telepon, air dan juga Pembelian, seperti Top Up emoney, Listrik Pra bayar, dll, juga bisa dilayani oleh Fintech/ecommerce.
"Sehingga BTN Mobile selain memiliki fitur dasar payment & Purchase juga akan mengedepankan kekuatan ekosistem kita," ujarnya.
Andi menjelaskan, BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai SuperApp karena fitur-fitur yang ditawarkan tidak hanya memiliki fitur dasar seperti mobile banking lainnya, tetapi juga memiliki fitur financial yang terkait dengan life circle ekosistem kita di sektor perumahan.
"Melayani nasabah kita dari mulai kepemilikan rumah, sampai dia tinggal di dalamnya, diluar kebutuhan transaksi dasar seperti bayar listrik, air, gas, pajak (PBB). Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN. Ini yang akan menjadi pembeda dengan yang lain," jelasnya.
Dengan platform yang benar-benar baru dan dikelola langsung oleh SDM-SDM andal yang dipersiapkan oleh BTN, Andi pun yakin BTN Mobile nantinya akan banyak dibutuhkan oleh para nasabahnya.
"Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan bagi nasabah untuk mendapatkan solusi digital terkait kebutuhan ekosistem perumahan," kata Andi.
BTN menyasar sekitar 5-7 juta nasabahnya untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile nantinya.
"Saat ini saja, potensi yang ada berkisar 5-7 juta nasabah BTN yang terkait dengan kebutuhan KPR. Dengan memaksimalkan ini kita sudah bisa memperoleh optimalisasi transaksi yang sudah ada di BTN, di samping kita akan mengakusisi nasabah-nasabah baru seiring dengan inovasi-inovasi produk mortage yang dibuat," seru Andi.
Melalui proses transformasi digital yang sedang mereka persiapkan, BTN akan menjelma menjadi bank terbaik di segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.
Salah satu kekuatan BTN yang akan mengguncang pasar yakni SuperApp BTN Mobile, yang rencananya akan dirilis awal 2023.
Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengklaim kemunculan SuperApp BTN Mobile nantinya akan membuat perseroan memiliki pelayanan yang lebih baik berkat pemanfaatan teknologi digital.
"Kuncinya kalau masuk digitalisasi tidak cukup dari sisi atau faktor solusi teknologinya saja, tetapi kami harus memiliki kekuatan ekosistem. Konsep solusi digital kami melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi dan kekuatan ekosistem. Ini lah yang akan didorong menjadi pembeda kami," ujar Andi.
“Untuk memanjakan para nasabah Bank BTN. Dalam HUT ke-73 ini, kami menggelar berbagai promo dan diskon di merchant-merchant terkenal. Pokoknya jangan lewatkan promo-promo yang akan bikin nasabah ketagihan,” ujar Corporate Secretary Bank BTN Achmad Chaerul di Jakarta, Selasa (7/2).
Chaerul mengatakan, salah satu promo yang diminati para nasabah adalah Serba Rp 7.300,- Dengan promo ini nasabah hanya membayar Rp 7.300,- dengan kartu debit Bank BTN untuk makanan atau minuman di merchant-merchant antara lain KFC, Es Teller 77, Shihlin dan Chatime.
Ditambah lagi, untuk promo / reward lainnya, nasabah juga dapat menggunakan transaksi QRIS melalui BTN Mobile pada merchant – merchant pilihan.
Andi menambahkan, saat ini persaingan mobile banking di industri perbankan nasional, memang cukup ketat bahkan fungsi-fungsi dasar seperti payment (pembayaran) seperti pembayaran listrik, telepon, air dan juga Pembelian, seperti Top Up emoney, Listrik Pra bayar, dll, juga bisa dilayani oleh Fintech/ecommerce.
"Sehingga BTN Mobile selain memiliki fitur dasar payment & Purchase juga akan mengedepankan kekuatan ekosistem kita," ujarnya.
Andi menjelaskan, BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai SuperApp karena fitur-fitur yang ditawarkan tidak hanya memiliki fitur dasar seperti mobile banking lainnya, tetapi juga memiliki fitur financial yang terkait dengan life circle ekosistem kita di sektor perumahan.
"Melayani nasabah kita dari mulai kepemilikan rumah, sampai dia tinggal di dalamnya, diluar kebutuhan transaksi dasar seperti bayar listrik, air, gas, pajak (PBB). Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN. Ini yang akan menjadi pembeda dengan yang lain," jelasnya.
Dengan platform yang benar-benar baru dan dikelola langsung oleh SDM-SDM andal yang dipersiapkan oleh BTN, Andi pun yakin BTN Mobile nantinya akan banyak dibutuhkan oleh para nasabahnya.
"Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan bagi nasabah untuk mendapatkan solusi digital terkait kebutuhan ekosistem perumahan," kata Andi.
BTN menyasar sekitar 5-7 juta nasabahnya untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile nantinya.
"Saat ini saja, potensi yang ada berkisar 5-7 juta nasabah BTN yang terkait dengan kebutuhan KPR. Dengan memaksimalkan ini kita sudah bisa memperoleh optimalisasi transaksi yang sudah ada di BTN, di samping kita akan mengakusisi nasabah-nasabah baru seiring dengan inovasi-inovasi produk mortage yang dibuat," seru Andi.