Konvensional Syariah Prioritas Prospera Tentang BTN
Hubungan Investor PPID Karir |
  • EN
  • ID
Logo BTN
  • Tentang Kami
  • Hubungan Investor

      • Menu Ringkasan

    • Informasi Saham

      • Struktur Kepemilikan Saham

    • Laporan & Presentasi Perusahaan

      • Laporan Perusahaan

      • Presentasi Perusahaan

    • Housing Index & Analisa Makro

      • BTN Housing Index

      • Perkembangan Makro Ekonomi

    • Informasi Investor

      • Pedoman Kebijakan Hubungan Investor

      • Prospektus Penawaran Umum

      • Keterbukaan Informasi Publik dan/atau Fakta Material

    • RUPS

      • Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

      • Panduan eASY KSEI

  • Tata Kelola

    • Penilaian Sendiri dan Laporan CGC

      • Laporan GCG

      • Penilaian Sendiri

      • Struktur Organisasi

      • Pengendalian FRAUD

    • Anggaran Dasar & Budaya Perusahaan

      • Anggaran Dasar Perusahaan

      • Budaya Perusahaan

      • Kebijakan Tata Kelola Perusahaan

      • Manajemen

    • Kartu Skor Tata Kelola Perusahaan ASEAN

      • Part A - Rights and Equitable Treatment of Shareholders

      • Part B - Sustainability and Resilience

      • Part C - Disclosure and Transparency

      • Part D - Responsibility of the Board

      • Bonus - Level 2 Bonus Item

  • ESG

    • ESG Framework

      • ESG Framework

      • ESG Signatory

      • Kerangka Keuangan Berkelanjutan

    • ESG Dashboard

      • Environment

      • Social

      • Governance

    • ESG Initiatives

      • ESG Initiatives

    • ESG Transparency and Disclosure

      • Environmental

      • Social

      • Governance

    • ESG Commitment

      • Produk Investasi dan Transaksi

      • Komitmen Keberlanjutan Manajemen

    • ESG Event

      • Event

  • Galeri BTN

      • Informasi & Berita Terkini

      • Artikel

      • Penghargaan & Sertifikasi

      • Pengumuman

    • cash

      Cash Management

    • Internet

      Internet Banking

    • bisnis

      Bale Korpora

individu
Profil

Hubungi Kami

150286 1500286 +62 87771500286 @bankbtn @bankbtn @btn @btn @bankbtn PT Bank Tabungan Negara

Informasi Simulasi

Simulasi

converter E-Konventer Hitungan Kurs Deposit Simulasi Deposito Kredit Simulasi Kredit Konsumer
arrow Service Rates panah SBDK

Temukan yang Anda Butuhkan

Lokasi Cabang

EN | ID |

Saya sedang mencari layanan

banner konvensional
Konvensional
banner syariah
Syariah
banner prioritas
Prioritas
banner konvensional
Prospera
banner about
Tentang BTN
Hubungan Investor PPID Karir
Kembali

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking: Mana yang Lebih Baik?

Artikel
05 Des 2024

Perbedaan internet banking dan mobile banking: Mana yang lebih baik? Kedua layanan perbankan digital ini memudahkan transaksi keuangan secara online namun memiliki karakteristik berbeda. Internet banking dapat diakses melalui browser dengan limit transaksi lebih besar, sementara mobile banking menawarkan kemudahan akses melalui aplikasi smartphone untuk transaksi harian yang lebih praktis.

Bagikan

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, pembayaran pun dapat dilakukan secara online atau cukup dengan satu kali menekan tombol bayar yang ada di handphone. Terlebih lagi, kamu hanya perlu menggunakan satu aplikasi untuk melakukan pembayaran.

Layanan yang sering digunakan masyarakat diantaranya adalah internet banking dan mobile banking. Keduanya merupakan layanan perbankan untuk melakukan transaksi pemindahan dana ataupun transaksi finansial dimana saja kapan saja dengan mengandalkan jaringan internet.

Namun, perlu diketahui terdapat beberapa perbedaan diantara kedua layanan tersebut. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa itu internet banking, mobile banking, serta perbedaan diantara keduanya.

Key Takeaways:

  • Internet banking atau sering disingkat menjadi i-banking merupakan aplikasi untuk melakukan transaksi seperti pembayaran, transfer, dan lain-lain menggunakan internet melalui situs resmi bank dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai.
  • Mobile banking atau sering disingkat menjadi m-banking merupakan layanan yang disediakan oleh bank dalam memudahkan nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi melalui handphone.
  • Internet banking dan mobile banking memiliki lima perbedaan utama yaitu proses registrasi, aksesibilitas terhadap layanan, fitur yang ditawarkan, dan sistem kemaanan.

Pengertian Internet Banking

Internet banking atau sering disingkat menjadi i-banking merupakan kegiatan melakukan transaksi seperti pembayaran, transfer, dan lain-lain menggunakan internet melalui situs resmi bank dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai. Internet banking dapat dilakukan melalui browser secara langsung. Kamu cukup memiliki user id, password, dan one time password untuk menggunakan fitur internet banking.

Pengertian Mobile Banking

Mobile banking atau sering disingkat menjadi m-banking merupakan layanan yang disediakan oleh bank dalam memudahkan nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi melalui handphone. Dengan fitur mobile banking, kamu bisa melakukan berbagai transaksi seperti mengecek saldo, melakukan pembayaran, transfer uang, hingga pembelian.

Terlebih lagi, banyak bank di Indonesia telah menyediakan fitur tarik tunai melalui mobile banking. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi mobile banking yang telah disediakan oleh bank untuk dapat melakukan transaksi.

Apa Beda Internet Banking dan Mobile Banking?

Internet banking dan mobile banking memiliki lima perbedaan utama. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait perbedaan internet banking dan mobile banking:

Proses registrasi

Perbedaan yang paling pertama kamu rasakan antara internet banking dan mobile banking yaitu proses registrasi. Registrasi mobile banking bisa kamu lakukan langsung melalui aplikasi yang telah disediakan oleh bank.

Pertama, kamu harus mengunduh aplikasi mobile banking milik bank tersebut. Setelah itu, kamu perlu membuat username dan password yang nantinya akan digunakan sebagai akses ke akun rekening bank milikmu.

Bahkan, beberapa bank telah menyediakan layanan membuka rekening baru secara online melalui mobile banking.

Berbeda dengan internet banking, proses registrasi perlu dilakukan dengan mendaftarkan diri langsung ke kantor cabang bank atau ATM terdekat sesuai panduan yang ada. Apabila proses registrasi telah selesai, maka kamu bisa melakukan aktivasi internet banking. Nantinya, nasabah akan mendapatkan user id, password, dan token (OTP) yang dapat digunakan untuk login i-banking,

Aksesibilitas terhadap layanan

Perbedaan kedua antara internet banking dan mobile banking terletak pada aksesibilitasnya. Layanan internet banking dapat kamu akses melalui situs resmi bank melalui browser yang dimiliki. Kamu hanya perlu memasukkan data-data yang diperlukan. Namun, tidak dapat dihindari bahwa sering kali terjadi peretasan melalui browser sehingga banyak masyarakat skeptis untuk menggunakannya.

Sedangkan, untuk mengakses layanan mobile banking kamu perlu memasukkan username dan password yang dimasukkan pada saat registrasi sebelumnya pada aplikasinya.

Fitur yang ditawarkan

Layanan internet banking memiliki fitur-fitur berikut:

  • cek saldo dan mutasi rekening atau informasi umum rekening tabungan atau giro
  • pembayaran tagihan
  • pengajuan pinjaman KTA atau KPR
  • mengecek nilai tukar mata uang
  • pembuatan deposito
  • transaksi hingga maksimal Rp500 juta/hari

Sedangkan layanan mobile banking memiliki fitur berikut:

  • cek saldo dan mutasi rekening
  • pembayaran tagihan
  • cek tagihan kartu kredit
  • transaksi di ATM tanpa memerlukan kartu (cardless)
  • transaksi hingga maksimal Rp50 juta/hari

Sistem keamanan

Sistem keamanan pada layanan internet banking lebih terjamin karena nasabah perlu menggunakan token (OTP), username, dan password untuk login ke dalam rekening tabungan. Tidak hanya itu, setiap kali akan melakukan transaksi finansial nasabah akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang diperoleh dari SMS. Sedangkan untuk login ke dalam mobile banking, kamu hanya membutuhkan username dan password.

Mana yang Lebih Baik? Internet Banking dan Mobile Banking

Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, kamu tentu bisa memutuskan yang mana yang lebih baik. Hal ini dapat kamu amati dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kamu dapat menggunakan internet banking apabila tidak suka bergantung menggunakan aplikasi dalam handphone. Selain itu, internet banking juga memungkinkan kamu melakukan transaksi dalam jumlah besar setiap harinya.

Berbeda dengan mobile banking, layanan ini lebih praktis dan cocok kamu gunakan sehari-hari sebagai pengguna smartphone. Berbagai layanan yang didalamnya juga memudahkan pelaksanaan transaksi harian. Contohnya, maksimal kebutuhan transaksi yang lebih kecil.

Kesimpulan

Demikian penjelasan terkait internet banking dan mobile banking. Ingin segera membuka rekening tabungan? BTN dapat menjadi solusimu. Sebagai bank yang telah berdiri sejak tahun 1950, BTN telah memiliki banyak pengalaman dan kepercayaan yang tidak perlu diragukan lagi dalam hal memberikan layanan yang baik bagi para nasabah.

BTN hadir sebagai bank yang berfokus pada pengembangan ekonomi nasabah-nasabahnya. Oleh karena itu, BTN menawarkan produk-produk perbankan seperti tabungan, kredit, deposito, giro, internet banking, safe deposit box, dan transfer uang yang kualitas layanannya dapat dibandingkan dengan bank lain.

Untuk semakin memanjakan para nasabah, BTN juga memiliki ratusan program dan promo yang bisa diambil para nasabah, mulai dari promo diskon belanja di online shop, cashback kartu debit, hingga KPR dan jasa home service.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera bangun ekonomi kamu dan keluarga bersama BTN, Sahabat Keluarga Indonesia! Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.


Bagikan

Pengumuman Lainnya

Konstruksi
Pengadaan Jasa Kontraktor Renovasi CBC Jakarta Raya

14 Mei 2025

Non IT
Pengadaan Tenaga Alih Daya (TAD) Pramubakti

09 Mei 2025

Non IT
Pengadaan Tenaga Alih Daya (TAD) Pengemudi

09 Mei 2025

Non IT
Pengadaan Tenaga Alih Daya (TAD) Sekuriti

09 Mei 2025

Konstruksi
Pengadaan Jasa Kontraktor Renovasi CBC Jakarta Raya

14 Mei 2025

Non IT
Pengadaan Tenaga Alih Daya (TAD) Pramubakti

09 Mei 2025

Non IT
Pengadaan Tenaga Alih Daya (TAD) Pengemudi

09 Mei 2025

Non IT
Pengadaan Tenaga Alih Daya (TAD) Sekuriti

09 Mei 2025

Kantor Pusat

Menara BTN Jl. Gajah Mada No. 1 Jakarta 10130 150286 1500286
BTN Call

Pusat Bantuan

Layanan Pengaduan FAQ

Ekosistem Digital

BTN Properti Rumah Murah BTN Smart Residence balé by BTN

Panduan Dan Informasi

Ketentuan Penggunaan Kebijakan Privasi Procurement Sitemap Security Awareness

BTN berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan LPS.
Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar.
Untuk mengetahui Tingkat Bunga Penjaminan silakan akses di sini.